Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan tertentu ini meliputi tujuan pendidikan nasional, tujuan pendidikan menengahdan tujuan satuan pendidikan serta kesesuaian dengan karakteristik, kondisi dan potensi satuan pendidikan dan peserta didik.
Dalam Peraturan Pemerintah nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan mewajibkan tiap sekolah/madrasah mengembangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) secara mandiri. KTSP dapat diartikan sebagai kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. KTSP merupakan salah satu bentuk realisasi kebijakan desentralisasi di bidang pendidikan agar kurikulum benar-benar sesuai dengan kebutuhan pengembangan potensi peserta didik di sekolah/madrasah dengan mempertimbangkan kepentingan lokal, nasional, dan tuntutan global.
A. Mata Pelajaran
1. Kelompok Mata Pelajaran
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Pasal 6 Ayat (1) menyatakan bahwa kurikulum untuk jenis pendidikan umum, kejujuran, dan khusus pada pendidikan dasar dan menengah terdiri atas
1. kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia;
2. kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian;
3. kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi;
4. kelompok mata pelajaran estetika;
5. kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga, dan kesehatan.
Cakupan setiap kelompok mata pelajaran disajikan pada tabel berikut ini.
Cakupan Kelompok Mata Pelajaran
No | Kelompok Mata Pelajaran | Cakupan |
1. | Agama dan Akhlak Mulia | Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, atau moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama. |
2. | Kewarganegaraan dan Kepribadian | Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian dimaksudkan untuk peningkatan kesadaran dan wawasan peserta didik akan status, hak, dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta peningkatan kualitas dirinya sebagai manusia. Kesadaran dan wawasan termasuk wawasan kebangsaan, jiwa dan patriotisme bela negara, penghargaan terhadap hak-hak asasi manusia, kemajemukan bangsa, pelestarian lingkungan hidup, kesetaraan gender, demokrasi, tanggung jawab sosial, ketaatan pada hukum, ketaatan membayar pajak, dan sikap serta perilaku anti korupsi, kolusi, dan nepotisme. |
3. | Ilmu Pengetahuan dan Teknologi | Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi pada SMA/MA/SMALB dimaksudkan untuk memperoleh kompetensi lanjut ilmu pengetahuan dan teknologi serta membudayakan berpikir ilmiah secara kritis, kreatif dan mandiri. |
4. | Estetika | Kelompok mata pelajaran estetika dimaksudkan untuk meningkatkan sensitivitas, kemampuan mengekspresikan dan kemampuan mengapresiasi keindahan dan harmoni. Kemampuan mengapresiasi dan mengekspresikan keindahan serta harmoni mencakup apresiasi dan ekspresi, baik dalam kehidupan individual sehingga mampu menikmati dan mensyukuri hidup, maupun dalam kehidupan kemasyarakatan sehingga mampu menciptakan kebersamaan yang harmonis. |
5. | Jasmani, Olahraga dan Kesehatan | Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan pada SMA/MA/SMALB/SMK/MAK dimaksudkan untuk meningkatkan potensi fisik serta membudayakan sikap sportif, disiplin, kerja sama, dan hidup sehat. Budaya hidup sehat termasuk kesadaran, sikap, dan perilaku hidup sehat yang bersifat individual ataupun yang bersifat kolektif kemasyarakatan seperti keterbebasan dari perilaku seksual bebas, kecanduan narkoba, HIV/AIDS, demam berdarah, muntaber, dan penyakit lain yang potensial untuk mewabah. |
2. Struktur Kurikulum
Struktur kurikulum di MA Khairul Bariyyah Kota Bekasi yang berlatar belakang Pesantren merupakan kurikulum hasil pengembangan kurikulum pendidikan madrasah dan kurikulum lokal pesantren, dimana tentunya dengan memenuhi standar prinsip-prinsip pengembangan kurikulum yang ada.
Struktur kurikulum MA Khairul Bariyyah Kota Bekasi meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama tiga tahun mulai Kelas X sampai dengan Kelas XII. Struktur kurikulum disusun berdasarkan standar kompetensi lulusan dan standar kompetensi mata pelajaran.
Pengorganisasian kelas-kelas pada MA Khairul Bariyyah Kota Bekasi dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu kelas X merupakan program umum yang diikuti oleh seluruh peserta didik, dan kelas XI dan XII merupakan program penjurusan, dimana kita menentukan jurusan IPA.
a. Struktur Kurikulum Kelas X
1) Kurikulum Kelas X terdiri atas:
- 17 mata pelajaran,
- muatan lokal (Ilmu Tafsir dan Ilmu Hadis)
- program pengembangan diri.
2) Jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran dialokasikan sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum.
3) Alokasi waktu satu jam pembelajaran adalah 45 menit.
Sesuai dengan Permenag No. 2 tahun 2008 maka struktur Kurikulum MA untuk kelas X dapat dilihat pada tabel berikut :
Struktur Kurikulum Kelas X
K o m p o n e n | Alokasi Waktu | ||
Semester 1 | Semester 2 | ||
A. Mata Pelajaran | |||
1. Pendidikan Agama Islam | |||
a. Al-Qur'an-Hadis | 2 | 2 | |
b. Akidah-Akhlak | 2 | 2 | |
c. Fikih | 2 | 2 | |
d. Sejarah Kebudayaan Islam | - | - | |
2. Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | 2 | |
3. Bahasa Indonesia | 4 | 4 | |
4. Bahasa Arab | 2 | 2 | |
5. Bahasa Inggris | 4 | 4 | |
6. Matematika | 4 | 4 | |
7. Fisika | 2 | 2 | |
8. Biologi | 2 | 2 | |
9. Kimia | 2 | 2 | |
10. Sejarah | 1 | 1 | |
11. Geografi | 1 | 1 | |
12. Ekonomi | 2 | 2 | |
13. Sosiologi | 2 | 2 | |
14. Seni Budaya | 2 | 2 | |
15. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan | 2 | 2 | |
16. Teknologi Informasi dan Komunikasi | 2 | 2 | |
17. Keterampilan | 2 | 2 | |
A. Mulok 1. Ilmu Tafsir 2. Ilmu Hadis | 2 2 | 2 2 | |
C. Pengembangan Diri **) | 2 | 2 | |
J u m l a h | 48 | 48 |
b. Struktur Kurikulum Kelas XI dan XII
1) Kurikulum Kelas XI dan XII Program IPA, terdiri atas:
- 14 mata pelajaran,
- muatan lokal (Ilmu Tafsir dan Ilmu Hadis)
- program pengembangan diri.
2) Madrasah tidak menambah alokasi waktu untuk setiap mata pelajaran. Jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran dialokasikan sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum.
3) Alokasi waktu satu jam pembelajaran adalah 45 menit.
Struktur Kurikulum Kelas XI dan XII - Program IPA
K o m p o n e n | Alokasi Waktu | |||
Kelas XI | Kelas XII | |||
Smt 1 | Smt 2 | Smt 1 | Smt 2 | |
A. Mata Pelajaran | ||||
1. Pendidikan Agama Islam | ||||
a. Al-Qur'an-Hadis | 2 | 2 | 2 | 2 |
b. Akidah-Akhlak | 2 | 2 | - | - |
c. Fikih | 2 | 2 | 2 | 2 |
d. Sejarah Kebudayaan Islam | - | - | 2 | 2 |
2. Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | 2 | 2 | 2 |
3. Bahasa Indonesia | 4 | 4 | 4 | 4 |
4. Bahasa Arab | 2 | 2 | 2 | 2 |
5. Bahasa Inggris | 4 | 4 | 4 | 4 |
6. Matematika | 4 | 4 | 4 | 4 |
7. Fisika | 4 | 4 | 4 | 4 |
8. Kimia | 4 | 4 | 4 | 4 |
9. Biologi | 4 | 4 | 4 | 4 |
10. Sejarah | 1 | 1 | 1 | 1 |
11. Seni Budaya | 2 | 2 | 2 | 2 |
12. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan | 2 | 2 | 2 | 2 |
13. Teknologi Informasi dan Komunikasi | 2 | 2 | 2 | 2 |
14. Keterampilan | 2 | 2 | 2 | 2 |
1. Ilmu Tafsir 2. Ilmu Hadis | 2 2 | 2 2 | 2 2 | 2 2 |
C. Pengembangan Diri **) | 2 | 2 | 2 | 2 |
J u m l a h | 47 | 47 | 47 | 47 |
B. Muatan Lokal
Program Muatan Lokal disusun berdasarkan kebutuhan siswa untuk bersosialisasi dengan lingkungan di sekitarnya dan kebutuhannya kelak setelah lulus dari madrasah yang mengacu pada ciri khas keagamaan madrasah dan budaya daerah setempat.
Adapun program Muatan Lokal yang disediakan di MA Khairul Bariyyah Kota Bekasi adalah Ilmu Tafsir dan Ilmu Hadis.
Berikut adalah Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar muatan lokal;
1. Ilmu Tafsir
Kelas X
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
1. Siswa mampu memahami sejarah pertumbuhan dan perkembangan ilmu Al-Qur’an | 1.1. Memahami Pengertian Ilmu Al-Qur’an |
1.2. Memahami sejarah pertumbuhan dan perkembangan ilmu Al-Qur’an | |
1.3. Mendeskripsikan ciri-ciri, replikasi. Dan peran virus dalam kehidupan. | |
2. Siswa mampu memahami Al-Qur’an dan Wahyu | 2. 1. Memahami Al-Qur’an dan Wahyu (Pengertian al Qur`an dan wahyu) |
2. 2. Memahami Al-Qur’an dan Wahyu (kedudukan , fungsi serta Tujuan al Qur`an) | |
2. 3. Memahami Al-Qur’an dan Wahyu (pokok-pokok isi al Qur`an) | |
2. 4. Mengenal cara-cara Wahyu diturunkan | |
2. 5. Mengenal cara-cara Al-Qur’an diturunkan | |
2. 6. Memahami periodesasi turunnya Al-Qur’an | |
2. 7. Mengenal struktur Isi Al-Qur’an | |
2. 8. Memahami kemukjizatan al-Qur’an | |
2. 9. Mencari surat dan ayat Al-Qur’an |
Kelas XI
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
3. Siswa mampu memahami sejarah pengumpulan dan kodifikasi al-Qur’an | 3.1. Memahami sejarah pengumpulan Al-Qur’an |
3.2. Memahami sejarah pembukuan (kodifikasi) Al-Qur’an | |
3.3. Mengenal Mushaf Usmani | |
4. Siswa mampu memahami bahwa al-Qur’an diturunkan dalam 7 huruf dan dengan model pembacaan yang beragam | 4.1. Memahami turunnya al qur`an dengan 7 huruf |
4.2. Mengenal qiro`ah sab‘ah | |
5. Siswa mampu memahami konsep-konsep dasar mengenai ilmu-ilmu al-Qur’an seperti Muhkam-Mutasyabih, `Am-Khas, Nasikh Mansukh, dan Asbab Nuzul | 5.1. Memahami konsep dasar tentang Muhkam dan Mutasyabih |
5.2. Memahami konsep dasar tentang `Am dan Khas | |
5.3. Memahami konsep dasar tentang Nasikh dan Mansukh | |
5.4. Memahami konsep dasar tentang Asbab Nuzul | |
5.5. Memahami konsep dasar tentang mantuk mafhum dan mutlak muqoyyad |
Kelas XII
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
6. Siswa mampu memahami Terjemah, Tafsir dan Ta’wil Al-Qur’an | 6.1. Mengenal Penerjemahan Al-Qur’an |
6.2. Mengenal Tafsir & Ta’wil | |
7. Siswa mampu memahami sejarah dan periodesasi Tafsir Al-Qur’an | 7.3. Mengenal tafsir periode Nabi dan Sahabat |
7.4. Mengenal Tafsir Mutaqaddimin (abad 1-3 H) | |
7.5. Mengenal Tafsir Mutaakhkhirin (abad 4-12 H) | |
7.6. Mengenal Tafsir Modern (abad 13 H-sekarang) | |
8. Siswa mampu memahami metode dan corak penafsiran | 8.1. Mengenal metodologi Tafsir |
2. Ilmu Hadis
Kelas X
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
1. Siswa mampu memahami Hadis dan Ilmu Hadis | 1.1. Memahami dan membedakan Pengertian Hadis dan Ilmu Hadis |
1.2. Memahami Manfaat dan kedudukan Hadis dan Ilmu Hadis | |
1.3. Memahami Ruang lingkup pembahasan Hadis dan Ilmu Hadis | |
2. mampu memahami sejarah kodifikasi dan periodisasi Hadis | 2.1. Memahami sejarah pembukuan (kodifikasi) Hadis |
2.2. Memahami Periodisasi Pembukuan (kodifikasi) hadis | |
3. mampu memahami Jenis-jenis Hadis dan Kehujjahannya | 3.1. Memahami jenis Hadis ditinjau dari segi Kuantitas (Mutawattir dan ahad) |
3.2. Memahami jenis Hadis ditinjau dari segi Kualitas (Shahih dan Hasan) |
Kelas XI
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
4. Siswa mampu memahami jenis-jenis hadis dan kehujjahannya dari segi kuantitas, kualitas, segi persambungannya, segi penyandarannya dan dari segi sifat riwayat dan sanad. | 4.1. Memahami jenis Hadis ditinjau dari segi Kualitas (Shahih dan Hasan) |
4.2. Memahami jenis Hadis ditinjau dari segi Kualitas ( Dhaif Saqtul isnad dan Tha`nu Rawi) | |
4.3. Memahami jenis hadis ditinjau dari segi persambungan sanadnya | |
4.4. Memahami jenis Hadis ditinjau dari segi Penyandarannya | |
4.5. Memahami jenis Hadis ditinjau dari segi Sifat Riwayat dan Sanad |
Kelas XII
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | |
5. Siswa mampu memahami kayfiyah tahammul wal `ada (tata cara penerimaan dan penyampaian hadis) | 5.1. Mengenal Kayfiyah tahammul wal `ada (tata cara penerimaan dan penyampaian hadis) beserta syighatnya. | |
6. Siswa mampu memahami metode jarh wa ta`dil (Kritik pujian dan celaan bagi perawi hadis dalam penelitian hadis) | 6.1. Mengenal metode jarh wa ta’dil (Kritik pujian dan celaan bagi perawi hadis dalam penelitian hadis) beserta syighatnya | |
7. Siswa mampu memahami ilmu takhrij al Hadis (penelusuran dan pencarian hadis) | 7.1. Mengenal ilmu Takhrijul hadis (Penelusuran dan Pencarian Hadis), metode dan cara penelusurannya. | |
8. Siswa mengenal sejarah dan struktur kutubu tis`ah | 8.4. Mengenal kutubu tis`ah, penyusun dan strukturnya. |